Cara Membersihkan Sikat Pencuci Piring

Posted on

Sikat pencuci piring – Hampir semua orang bisa melakukan kegiatan yang sangat mudah ini. Biasanya orang tua melatih anaknya untuk mencuci piring semenjak anaknya masih kecil, seperti saat SD misalnya. Banyak orang tua yang membiasakan anak- anaknya untuk mencuci piring langsung setelah selesai makan. Apakah orang tua anda juga seperti itu?

Cara Membersihkan Sikat Pencuci Piring

Saat ini orang mencuci piring dengan berbagai alat. Karena kebersihan piring juga sangat penting, maka dari itu produsen membuat sikat pencuci piring. Sikat ini didesain khusus untuk mencuci piring yang anda gunakan. Dengan menggunakan sikat pencuci piring, piring yang anda gunakan akan terlihat kinclong dan bersih. Selain itu, dengan menggunakan sikat pencuci piring akan lebih membersihkan bagian yang tidak terjangkau dengan tangan.

Dengan adanya keberadaan sikat pencuci piring, pastinya para ibu- ibu juga penasaran bagaimana cara membersihkan sikat pencuci piring. Kebersihan memang harus dijaga. Tidak hanya piringnya saja yang harus dicuci, tetapi alat untuk membersihkan piring juga harus dicuci juga.

Berikut beberapa cara yang bisa para ibu ikuti.

  1. Dengan menggunakan sikat

Cara yang pertama anda bisa menghilangkan sisa- sisa makanan yang tertinggal di sikat pencuci piring dan pengangan sikat tersebut. Untuk menghilangkan bakteri, anda bisa merebus air dalam panci. Setelah air mendidih anda bisa meletakkan sikat pencuci piring ke dalam panci tersebut. Lalu anda bisa merebusnya selama 20 menit untuk membunuh bakteri yang ada.

Baca tips ini juga : Tips Jadikan Dapur Kecil Terkesan Lebih Besar

  1. Menggunakan air sabun cuci

Cara kedua memang sangat mudah untuk anda lakukan. Anda bisa menggunakan bak yang telah terisi air yang telah terisi sabun pencuci piring. Setelah itu rendam sikat pencuci piring selama 20 menit. Setelah perendaman, bilas hingga bersih. Setelah itu, keringkan sebelum dipakai kembali.

  1. Cara yang ketiga yaitu menggunakan alkohol

Anda bisa menuangkan alkohol ke dalam mangkok yang besar sampai sikat terendam. Anda bisa merendamnya selama 5 sampai 10 menit. Setelah selesai perendaman, anda bisa membilasnya dengan air bersih dan mengeringkan sebelum pemakaian.

  1. Memakai cuka

Cara terakhir anda bisa dengan menggunakan cuka. Cuka memang dipercaya untuk menghilangkan bakteri yang ada dalam sikat. Anda bisa menuangkan cuka ke dalam mangkuk, setelah itu rendam sikat tersebut untuk beberapa lama. Perendaman menggunakan cuka memang membutuhkan waktu yang cukup lama dibanding merendam dengan bahan yang lain.

Baca juga : Cara Merawat Dispenser Agar bersih dan Tahan Lama

Tetapi kelebihan merendam dengan cuka, karena cuka sangat mudah didapatkan. Setelah perendaman, anda harus membilasnya dengan air bersih. Dan untuk mengeringkannya, anda bisa menggantung sikat tersebut.

Bukan hal yang mudah memang untuk merawat sikat pembersih piring yang anda miliki. Jika alat pencuci piring anda bersih, pastinya tidak akan menyebarkan bakteri ke piring kesayangan anda. Anda bisa memilih salah satu cara di atas untuk membersihkan sikat yang anda miliki yang menurut anda mudah.