Kiat Mudah Membebaskan Brokoli Dari Ulat

Posted on

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sayur ini pun dapat diolah menjadi makanan yang sangat lezat dan menarik. Namun terdapat beberapa masalah yang harus dihadapi ketika hendak mengolah makanan berikut ini. Salah satunya adanya ulat-ulat kecil yang menempel pada brokoli. Lalu bagaimana tips dapur mengatasinya?

Kiat Mudah Membebaskan Brokoli Dari Ulat

Simak langkah-langkah bersihkan brokoli dari ulat berikut.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah merendam brokoli di dalam air yang sudah diberikan garam (air garam). Namun, sebelumnya potong terlebih dulu brokoli serta bersihkan. Setelah itu baru rendam di air garam. Tips dapur ini dapat Anda praktekkan di rumah.
  2. Anda harus tahu, bahwa air biasa saja tidak akan membuat ulat keluar dari brokoli. Sehingga Anda memerlukan perantara dari air garam. Hal ini karena garam dapat membuat ulat tak sadarkan diri, serta terapung pada permukaan kemudian mati. Garam dapat menghilangkan permasalahan ulat pada sayur brokoli karena adanya derajat kepekaan air garam yang tinggi, lebih tinggi jika disejajarkan dengan cairan yang terdapat pada tubuh ulat.
  3. Maka dari itu, ulat akan mati apabila air garam meresap dalam tubuhnya, serta menjadikan metabolisme tubuh ulat terganggu dan akhirnya membuat tak sadarkan diri hingga mati. Tips dapur yang satu ini memang perlu Anda ketahui dan lakukan untuk memasak brokoli tanpa kendala dari ulat.
  4. Anda harus melakukan perendaman pada brokoli sekitar 5-10 menit.Jika sudah, maka keluarkan brokoli dari air garam kemudian cuci pada air yang mengalir. Baru setelah itu Anda dapat mengolahnya menjadi menu makanan yang spesial. Dengan menjalankan tips dapur berikut maka Anda akan mendapati sayur brokoli bersih dan tak ada ulat lagi.

Bukan rahasia umum lagi jika brokoli merupakan sayuran yang kaya akan manfaat. Dalam brokoli terdapat kandungan vitamin dan nutrisi penting lain yang baik bagi tubuh. Namun jika Anda memasak sayur tersebut dengan cara yang tidak tepat, tentu kandungan vitamin dalam brokoli akan hilang.

Tips dapur menyarankan agar Anda menggunakan teknik memasak brokoli dengan cara dikukus. Hal ini tidak akan membuat vitamin dalam brokoli hilang. Caranya, masak air hingga mendidih. Kemudian ambil wadah besi yang terpisah lalu letakkan di atas panci. Letakkan brokoli pada wadah tersebut, lalu kukus hingga 10 menit.

Tindakan mengukus ini dapat mempertahankan 70% vitamin dalam brokoli, serta warna dari brokoli tidak akan pudar dan tetap berwarna hijau. Tips dapur yang mudah dan bermanfaat ini dapat Anda like serta bagikan kepada orang lain. Sehingga bukan hanya Anda yang mendapat manfaat dari tips dapur di atas. Selamat mencobanya di rumah.