Tips Jitu Atasi Bekas Minyak di Dapur

Posted on

Tips Dapur – Sudah wajar bila cipratan minyak goreng berciprat dimana-mana ketika memasak. Tak hanya dinding, bahkan kompor, lantai dan perkakas lainpun juga ikut terkena cipratan minyak itu. Cipratan minyak biasanya meninggalkan noda bekas yang membandel dan merusak pemandangan di dapur apalagi jika sudah mengenai dinding.

tips-jitu-atasi-bekas-minyak-di-dapur

Mungkin anda dipusingkan atas hal ini dan mencoba mencari tips dapur disana-sini. Namun, sudahkan anda menemukan tips dapur untuk mengatasi noda bekas minyak yang tepat? Jangan sampai anda ketinggalan info tips dapur apalagi tips dapur tentang cara mengatasi bekas minyak di dapur ini.

Untuk mengatasinya, ada tips dapur tersendiri supaya anda tak dibingungkan oleh masalah menjengkelkan yang satu ini. Nah, inilah tips dapur untuk bantu anda atasi noda bekas minyak membandel di dapur:

  1. Dinding

Campur cairan pencuci piring dengan air lalu celupkan lap kering dan gosok-gosok pada dinding yang terkena minyak. Ulangi sampai semua noda minyak tersebut hilang. Setelah itu, lap lagi dinding yang sudah dibersihkan tadi menggunakan kain supaya sisa sabunnya hilang.

  1. Lantai

Ada 4 alternatif bahan yang bisa anda pakai untuk membersihkan minyak yang ada di lantai dapur. Bahan-bahan itu adalah garam, bedak tabur, tepung maizena dan tepung terigu. Keempat bahan tersebut sebenarnya sama saja caranya saat dipakai untuk mengatasi noda bekas minyak.  Pertama-tama, taburi lantai yang dikenai minyak menggunakan garam, bedak tabur, tepung maizena dan tepung terigu kemudian biarkan sampai beberapa saat hingga minyak terserap semua. Setelah itu, bersihkan sisa bahan-bahan yang dipakai tadi dengan sapu.

  1. Kompor

Siapkan kain lap lalu basahi kain lap kering dengan sedikit minyak tanah kemudian gosokkan di permukaan kompor yang dikenai minyak goreng itu. Kemudian lap kembali permukaan kompor tadi memakai lap kering supaya sisa minyak masih yang menempel segera hilang. Kompor memang rentan sekali terkena noda bekas kegiatan memasak termasuk noda bekas minyak. Oleh sebab itu, kompor merupakan bagian dapur yang harus lebih sering dibersihkan.

  1. Wastafel

Pakai bahan baking soda dan cuka dengan dicampur menjadi satu sampai berbentuk pasta. Setelah berbentuk pasta, kemudian oleskan pasta ke semua permukaan wastafel lalu biarkan hingga 10 menit. Pakai spons cuci piring untuk menggosok permukaan wastafel yang sudah diolesi pasta tadi. Setelah itu, bilas wastafel menggunakan air mengalir.

Beberapa tips dapur untuk mengatasi noda bekas minyak seperti yang telah dibahas tadi sekaligus membantu anda untuk menjadikan suasana dapur anda terkesan bersih higienis dan fresh. Jika dapur anda terbebas dari noda bekas minyak maka suasana dan pemandangan dapur anda akan semakin nyaman dan andapun akan menikmati kegiatan memasak anda dengan riang.